Cara perpanjangan paspor terbaru di KBRI Seoul,korea selatan. ( Perpanjangan paspor secara elektronik ).

CARA BARU PERPANJANG PASPOR DI KBRI

Berbagi pengalaman untuk memperpanjang paspor, sekarang untuk memperpanjang paspor kita harus melakukan pengajuan secara online.

NASIHAT: LAKUKAN 1-8 DI RUMAH.

(Bila dilakukan di KBRI akan memakan waktu karena akan mengantri komputer KBRI yg terbatas. 1 PC per 50 orang/10menit akan makan waktu antri lama).

1. Caranya buka situs e-KBRI di www.kbri.seoul.kr (Usahakan memakai browser google chrome atau mozilla firefox),
2. Lalu, lakukan sign up di situs tersebut dengan menggunakan alamat email yang masih valid.
3. Setelah sign up lalu konfirmasikan link yg dikirim ke alamat email anda. Setelah dikonfirmasi, akun e-KBRI baru akan aktif dan anda baru bisa melakukan “Log in” untuk mengakses layanan elektronik seperti pengajuan perpanjang paspor yang habis masa berlaku atau penggantian paspor yang hilang.

*Sekilas: Kenapa harus daftar dan login? Data anda adalah rahasia. ini mekanisme perlindungan supaya data anda terlindungi anda sendiri yg tahu dan staff KBRi yg tahu saja)

4. Dari sana (setelah klik link dari email) akan otomatis masuk sistem. Bila nanti mau mengakses lagi, bisa lihat bagaimana status pengajuan
5. Di dalam sistem akan ada form aplikasi pengajuan paspor.
6. Isilah data data anda dengan benar menggunakan bahasa indonesia, gk perlu pakai bahasa korea selain yg bagian alamat tinggal.
7. Nah untuk form isian "foto diri" anda dapat mengunggah sembarang foto anda asalkan sopan karna itu cuma formalitas (faktanya nanti kita akan diambil foto kembali untuk foto paspornya di kantor KBRI). Perhatikan batas maksimal 2MB utk setiap foto dan maksimal 5MB utk dokumen pendukung.
8. Setelah semua proses pengisian selesai anda dapat langsung mengklik ajukan aplikasi.

PERHATIAN!!


DATANGLAH KE KBRI SETELAH LANGKAH 1-8 SELESAI DAN STATUS APLIKAS ANDA: VERIFIED (DISETUJUI KARENA LENGKAP), 

kalau masih 1-8 belum perlu datang ( Kalau datang hanya akan menyusahkan anda sendiri dan staff KBRI saja. Komputer terbatas di KBRI). BKalau belum berubah menjadi VERIFIED jg belum perlu datang.